sdit

sdit

Rabu, 01 September 2010

Berpikir Positif (Bagian kesepuluh)

MINGGU ke 4 :
Tujuan : Tukar pengalaman dari praktek langsung minggu sebelumnya
Materi : Masing-masing peserta yang sudah mempraktekannya menyampaikan apa-apa yang telah didapatkannya.


MINGGU ke 5 :
Tujuan : Peserta membeberkan rencana 1 minggu kedepan akan mengajak siapa
Materi : Tukar pengalaman cara mengajak calon peserta.

PRAKTEK MENGUBAH HIDUP DENGAN MENGUBAH KATA-KATA

Ubahlah menjadi kata-kata positif.

Jangan terlambat. ---------------Besok berangkatnya lebih pagi ya!
Jangan mengambil rute itu. ---------------Kita ambil rute yang ini saja.
Jangan panik. --------------------Tenang ya!
Jangan parkir di sini. --------------------Parkirnya di sana aja ya
Dilarang buang sampah sembarangan.---------------------Buang sampahnya di sini ya!/ Buang sampah pada tempatnya.
Jangan lari ------------------Jalan aja yuk!
Jangan rebut------------------Bicaranya pelan-pelan aja ya!
jangan ragu-ragu menghubungi saya jika ada yang ingin Anda tanyakan--------------Kalau ada yang ingin ditanyakan hubungi saya ya!.
Saya tidak boleh panik dalam menghadapi situasi ini -----------Kita tenang aja.
Saya tidak mau miskin---------saya ingin kaya.
Aku sakit-----------aku merasa kurang sehat.
Perutku sakit--------------perutku terasa kurang sehat.
Aku takut------------------aku belum berani.
Aku lupa---------------aku belum ingat.
Ini terlalu sulit------------ini tidak mudah.
Itu buruk-------------ini belum baik.
Tidak masalah-------------baik-baik saja/terima kasih kembali.
Nggak papa-------------it’s OK/ baik-baik saja OK.
Jangan khawatir-----------Anda akan baik-baik saja.
Aku sudah bekerja keras”----------------aku sudah bekerja dengan baik.
Cari uang itu susah------------cari uang itu mudah.
Jangan merokok ???--------------kita pengen sehat kan!
"Saya tidak pernah menjadi pengecut”-------------saya pemberani
Aku akan berangkat ngaji tetapi aku belum punya baju takwa---------aku akan berangkat ngaji walaupun aku belum punya baju takwa.
Aku akan berangkat ngaji tetapi belum ada orang yang aku kenal --------------Aku akan berangkat ngaji walaupun belum ada orang yang aku kenal.
Aku akan mendidik anak dengan baik tetapi aku ibu yang sibuk bekerja-----------Aku akan mendidik anak dengan baik walaupun aku ibu yang sibuk bekerja.
Dia pasti marah padaku karena tidak menyapaku ketika bertemu di jalan.-----------Mungkin dia tidak melihatku/Mungkin…………/Mungkin……….
Kamu harus rajin belajar-----------Abi senang karena ali rajin belajar.
Kamu harus mengerjakan PR---------Umi senang karena ali rajin mengerjakan PR.
Pokoknya nanti kamu harus datang ya----------Aku senang sekali kalau kamu bias dating.
“Saya tidak ingin hidup melarat atau susah”----------saya ingin hidup berkelimpahan harta dan saudara.
"Saya mau berhenti menggunjing"------------saya ingin menjaga mulutku/aku ingin mulutku bersih.
Miskin---------------belum kaya
Bodoh---------------belum pandai
Hilang---------------belum ketemu
Gagal----------------belum sukses
Ada Masalah-------ada tantangan

PRAKTEK MENGUBAH HIDUP DENGAN MENGUBAH SUDUT PANDANG, KATA-KATA DAN BERPRASANGKA BAIK

Apa yang Anda pikirkan/ katakan pada diri Anda dan anak Anda, jika anak Anda mendapat nilai 4 di sekolah?

Apa yang Anda pikirkan/ katakan pada diri Anda dan orang lain ketika Anda dipecat dari suatu pekerjaan?

Apa yang Anda pikirkan/ katakan pada diri Anda dan orang lain ketika Anda tidak disapa oleh teman Anda ketika lewat di depan rumah?

Apa yang Anda pikirkan/ katakan pada diri Anda dan orang lain ketika mengetahui si A menyakiti/menfitnah Anda yaitu Anda dikatakan orangnya pelit kalau memberi orang lain tidak ikhlas.

Apa yang Anda pikirkan/ katakan pada diri sendiri dan Anda lakukan ketika menemukan sifat atau karakter atau tingkah laku yang tidak menyenangkan dari pasangan Anda yang membuat Anda tidak nyaman, stress dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar